8a908abe9a8f37cfbbc02e5bf481a1cb_L.jpg

Petugas Berhasil Amankan Paket Berisi Ganjda Dengan Bantuan Mesin Xray

Keamanan Bandara Sentani telah menemukan paket kiriman yang berisi narkoba jenis ganja kering sekitar 97gram beratnya.

 

Koordinator Keamanan Bandara Sentani, Mayor Pom Iwan Suebu menyatakan, Paket ganja tersebut ditemukan oleh petugas Xray Security Scanner di Security Check Point 2 PT.Regulated Agent Pajajaran Global Service.

 

Petugaspun curiga dan langsung melakukan pemeriksaan manual oleh petugas Satgas Paskhas Koptu Purnomo dan BKO Lanud Jayapura Serda Suratno. "Kata Mayor Pom Iwan Suebu yang juga Dansatpom Lanud Jayapura ketika mengirim rilis pers kepada wartawan harian ini via pesan singkat (WA)"

 

Pada keterangan paket itu, disebutkan bahwa isi dalam tas Rinjani tersebut adalah sayur kangkung, Pinang, sirih dan jeruk. Namun petugas curiga dengan paket tersebut dan langsung membongkar paket yang ternyata adalah Ganja kering yang digabungkan dengan sayur kangkung, pinang, sirih dan jeruk.

 

Paket yang berisikan ganja tersebut dikirim atas nama Oce yang disertai dengan nomor HP dan dengan tujuan Timika, Kabupaten Mimika. Selain nama pengirim, ada pula intruksi khusus yang tertera di keterangan paket yang merupakan detail nama dan alamat tujuan dari paket tersebut yakni Maikel di Timika, dengan menggunakan pesawat Sriwijaya Air (SJ-589).

 

Berdasarkan keterangan yang diperoleh dari agen cargo tersebut saat bertugas di cargo bandara bahwa dia telah di datangi dua orang yang tidak dikenal (OTK) untuk mengirim barang (menggunakan tas Rinjani) dan berdasarkan pengakuan dua orang OTK itu ke agen cargo adalah sayur kangkung. Selanjutnya dilakukan penimbangan dan pembayaran, akunya.

 

Memang agen cargo itu hanya memeriksa sekilas saja, yakni hanya membuka bagian atas dan dlihat berisi sayuran kangkung. Sehingga dilaporkan dan juga dibuatkan surat karantina pertanian sesuai prosedur, kemudian dibuatkan PTI (Pemberitahuan Tentang Isi) yakni kangkung, pinang, sirih dan jeruk, tambah Suebu.

 

Barang yang diisi dalam tas Rinjani itu langsung dibawa ke Xray PT Regulated Agent Pajajaran Global Service untuk dilakukan pemeriksaan. Namun saat dilakukan pemeriksaan, agen cargo itu baru mengetahui (mendengar) kalau tas Rinjani tersebut ada berisi Ganja Kering di dalamnya.

 

Tak lama kemudian, Dirinya menyerahkan tas Rinjani yang berisikan Ganja Kering itu ke Satuan Narkoba Polres Jayapura dalam hal ini diterim oleh Brigpol Aswan, guna pengembangan dan proses lebih lanjut.