narkoba-sabu-juanda-utk-foto-samb-696x465.jpg

Aparat Bea dan Cukai Menemukan Sabu Dalam Water heater

TKI atau Tenaga Kerja Indonesia berinisial AS tertangkap membawa 745 gram sabu yang dimasukkan mesin water heater.  TKI ini terciduk keamanan Bea dan Cukai Tipe Madya Juanda, Waru, Sidoarjo.

 

Kepala Bea Cukai Juanda Sidoarjo M Mulyono mengatakan, penggagalan penyelundupan sabu ini bermula dari kecurigaan petugas Bea Cukai Juanda yang melihat gerak-gerik pelaku. Saat pemeriksaan dengan alat xray security scanner (baggage inspection), petugas melihat ada benda mencurigakan dalam water heater yang dibawa pelaku.

 

Petugas Bea Cukai lalu menggeledah dan memeriksa water heater milik pelaku. Dan benar, ditemukan bubuk warna putih dalam empat plastik dan dibungkus alumunium foil. Barang itu disembunyikan di bagian bawah alat pemanas air tersebut.

 

“Dari interogasi petugas, pelaku mengaku akan membawa sabu ini ke wilayah Bangkalan, Madura,” ujar Mulyono dalam jumpa pers di Kantor Bea Cukai Tipe Madya Pabean Juanda, Waru, Sidoarjo, Senin (16/10).

 

Ini adalah ke 14 kalinya upaya penggagalan penyelundupan sabu, sejak awal tahun hingga pertengahan Oktober 2017. “Total barang bukti sabu mencapai lebih dari 10 kilogram dan semuanya diselundupkan dari negeri Jiran Malaysia,” tambah Mulyono.

 

 

Untuk kepentingan pemeriksaan lebih lanjut, pelaku beserta barang bukti 745 gram sabu saat ini diserahkan ke Direktorat Reserse Narkoba Polda Jatim.