f098bc18-5e3d-43cc-b30f-f23de417e7ef_43.jpg

Penggagalan Penyelundupan Narkotika Jenis Sabu Senilai 3Miliyar Melalui Bandara

Seorang penumpang pesawat Air Asia diamankan oleh petugas pengamanan Bandara Internasional Juanda Surabaya, di Sidoarjo. Penumpang ini diamankan lantaran membawa narkoba jenis methamphetamine (sabu-sabu).

 

Diduga, MS (53), adalah seorang kurir yang membawa narkotika jenis sabu-sabu dari Malaysia ke Indonesia. Tak tangung-tanggung, pria paruh baya ini membawa sabu seberat 1,940 gram seharga Rp 3 miliar.

 

Penangkapan dilakukan oleh tim gabungan Direktorat Jenderal Bea Cukai (CNT KPPBC) Tipe Madya Pabean Juanda, Kanwil DJBC Jatim I, BPIB Tipe B Surabaya, BNNP Jatim, Direktorat Reserse Narkoba Polda Jatim, Imigrasi dan Pengamanan Bandara Lanudal Juanda Surabaya di Sidoarjo.

 

MS (53) tiba di Surabaya, Selasa (22/8/2017) sekitar pukul 12.00 WIB. Pria ini menaik pesawat Air Asia dengan nomor penerbangan XT 393 rute Johor Baru Malaysia-Surabaya. Saat diperiksa, MS membawa satu tas pakaian berwarna hitam.

 

Petugas Customs Narcotics Team yang curiga dengan gelaran pelaku langsung melakukan pemeriksaan. Untuk memastikan bawaan pelaku, petugas memeriksa menggunakan mesin X-Ray Security System atau Xray Security Scanner . Dalam pemeriksaan tersebut, petugas menemukan dua bungkus serbuk putih di dalam tas pelaku.

 

"Setelah dilakukan pemeriksaan barang bawaan tersangka dan kemudian dilanjutkan analisa profiling, penumpang tersebut membawa narkotika jenis sabu," kata Kepala Bea dan Cukai Bandara Juanda, Moch. Mulyono kepada wartawan di kantornya, Selaasa (29/8/2017).

 

Menurut Mulyono, modus seperti ini sering dilakukan kurir narkoba. Namun untuk barang bukti paling banyak adalah saat ini, yakni seberat 1,940 gram diperkirakan senilai Rp 3 miliar.

 

"Menurut pengakuannya, dia seorang TKI dan hanya sebagai kurir. Rencananya akan dibawa ke Madura," terang Mulyono.

 

Mulyono menjelaskan, dalam upaya penggagalan ini, pihaknya telah menyelamatkan sebanyak 9.700 jiwa generasi muda di Indonesia, dengan asumsi perhitungan 1 gram sabu di komsumsi lima orang.

Sementara untuk pelaku akan dijerat dengan pasal 133 ayat 1 dan 2 UU RI No 35 tentang narkotika dengan ancaman 15 tahun penjara.

 

"Pelaku ini akan di jeraat pasal 113 ayat 1 dan 2 UU RI No. 35 tahun 2009 dengan ancaman 15 tahun penjara," jelasnya.

 

Semoga saja kasus ini yang terakhir di Indonesia dan tidak akan terulang lagi.Aamiin

 

 

Keyword : Xray Industrial, Xray Security Scanner, Xray Education, Xray Inspection System, Cargo Inspection, Xray Explosives & Narcotic, Baggage Inspection, Walk Through Metal Detector, security system, Metal Detector, hand held metal detector, perusahaan security