0940192Saus780x390.jpg

Penggunaan Metal Detector Untuk Industri Saus

Makanan yang terbuat dari bahan biasanya berasal dari hewan atau tumbuhan, yang dimakan oleh makhluk hidup mendapatkan tenaga dan nutrisi. Cairan yang dipakai untuk maksud ini sering disebut minuman, tetapi kata 'makanan' juga bisa dipakai.

 

Makanan disetiap daerah dan negara tentunya memiliki ciri dan khas yang membedakan daerah yang satu dengan yang lain atau negara dengan negara lain. Dari tahun ke tahun proses pembuatan makanan telah berubah dari generasi dan generasi, dari saat zaman batu yang pembuatan makanannya menggunakan batu kasar yang ujungnya belum begitu lancip dikarenakan keterbatasan alat, hingga era modern seperti ini yang tak jarang pembuatannya dengan bukan tangan manusia lagi, melainkan dengan tangan mesin.

 

tak hanya pembuatan makanannya saja, bahkan kemasannya pun tak jarang yang menggunakan bantuan mesin, mulai dari plastik kemasan, pembuatan logo, cetak nama produk dan masih banyak lagi (food and baverage) bantuan mesin yang tentunya memudahkan pekerjaan manusia. lalu alat secanggih apa yang dapat menjadi quality control berbagai jenis produk industri, kemasan produk, produk olahan dan lain lain ?

 

Metal detector lah alatnya. Metal detector merupakan alat yang digunakan untuk mendeteksi semua jenis metal/logam. Cara kerjanya dengan menggunakan gelombang electromagnet. Apabila terjadi perubahan gelombang yang tidak sesuai, maka akan di baca sebagai metal yang mengganggu, dan di deteksi adanya metal yang lewat di lubang metal detector.

 

Saus. Tentu semua tak asing lagi dengan saus, saus merupakan salah satu penyedap makanan yang memberikan rasa pedas dengan bahan dasar atau bahan utamanya yaitu cabai/tomat. Tahukan anda dalam pembuatan saus itu mengandung logam berat seperti nikel dan tembaga maka dari itu Metal detector diciptakan Sebenarnya digunakan untuk semua jenis makanan dan berguna untuk mendeteksi logam yang terkandung dalam makanan tersebut,demi untuk mensterilisasi makanan sebelum di sebarkan luaskan ke konsumen. Pembuatan saus tomat contohnya.

 

Bagaimana cara menghilangkan logam yang terkandung pada saus tomat ? Disini metal detector pun mengambil perannya. metal detector bekerja pada bagian akhir atau finishing dari suatu produk. jika suatu produk yang sudah dikemas mengandung metal, nilai kandungan logamnya di atas ambang NORMAL,Metal detector akan memisahkan saus yang sudah terkontaminasi Logam tersebut ketempat yang berbeda kemudian produk yang aman langsung beralih ke mesin pengepakan.

 

Lalu bagaimana dengan saus tomat ?

dengan metal detector, saus tomat yang berbahaya otomatis dipisahkan dengan saus yang terkontaminasi tersebut ada yang diolah kembali dan ada juga yang dimusnahkan.  jika kandungan logam yang terkandung dalam saus tersebut kadarnya sedikit akan diolah kembali sedangkan saus yang sudah termasuk berbahaya akan di musnahkan agar tidak menyebar ke masyarakat.

 

Metal detektor untuk saus ini memiliki beberapa keunggulan yaitu:

 

  • Menggunakan teknologi identifikasi produk secara otomatis dan di desain agar tidak terpengaruh dengan produk yang diuji.
  • Mudah untuk diinstalisasi dalam pipa produksi.
  • Desain alat yang tepat yang dapat disesuaikan dengan pipa produksi.
  • Didalam tabung atau pipa metal detector terbuat dari telfon yang tahan terhadap suhu dan tekanan yang tinggi.
  • Memiliki sistem rejector yang akurasi dan cepat tidak hanya untuk produk liquid yang meminimumkan produk yang terbuang selam inspeksi.