food_processing_industrial_conveyor_metal_detectors1.jpg

Penggunaan Metal Detector Sebagai Pendukung Industri

Apa yang pertama kali kalian bayangkan jika mendengan kata metal detector? Mungkin dari kalian pasti membayangkan tentang alat keamanan untuk mendeteksi barang atau alat berburu harta karun seperti yang ada di serial tv bukan?

 

Metal Detektor merupakan perangkat yang berfungsi untuk mengidentifkasi keberadaan suatu benda dengan bahan logam. Logam yang dapat di deteksi dengan rangkaian metal detektor ini adalah benda logam yang mengandung unsur besi atau dapat mempengaruhi medan magnet.

 

Biasanya alat ini digunakan oleh petugas keamanan yang bertugas digedung atau tempat tertentu, seperti Pusat Perbelanjaan (MALL, pasar swalayan, expo(pameran),dll), Gedung Perkantoran, Penginapan (hotel, apartement, dll).

 

“Tetapi tahukah anda?, bahwa metal detector  juga bisa digunakan sebagai alat pendukung untuk memenuhi standarisasi kualitas yang baik (ISO)”. Mungkin untuk sebagian orang sudah mengetahui akan hal ini, akan tetapi sangat penting informasi ini sampai bagi yang belum mengetahui akan hal ini.

 

Metal detector ini umumnya digunakan pada perindustrian guna memenuhi standarisasi kualitas terbaik mereka. Perindustrian yang menggunakan Metal Detector dengan tujuan untuk membantu meningkatkan kualitas dan memenuhi standarisasi sudah cukup banyak.

 

Berikut ini adalah daftar industri yang menggunakan metal detector sebagai sarana pendukung:

 

  • Industri pengalengan ikan
  • Industri pengalengan buah
  • Industri susu bubuk
  • Industri Tepung
  • Industri sauce
  • Industri daging dan ikan
  • Industri makanan
  • Industri obat-obatan
  • Industri karet

 

Masih banyak lagi bentuk aplikasi metal detector pada lingkungan perindustrian, mereka menggunakan alat uji ini bertujuan untuk selalu menjaga kualitas dan mutu dari kemasan sampai dengan isi dari kemasan selesai dalam proses produksinya.

 

 

Metal detector merupakan alat dengan teknologi canggih yang memiliki system sensor sebagai penyeleksi partikel-partikel yang memiliki unsur metal, logam, dan sejenisnya.

 

Penyeleksian dilakukan untuk memastikan kualitas serta memenuhi standarisasi yang ada, dengan menghindari partikel dengan unsur metal masuk kedalam kemasan produk pada saat kegiatan industri berlangsung.

 

Teknologi canggih ini juga sangat membantu serta mempermudah kegiatan produksi, yaitu dengan sistemnya yang begitu efisien waktu dan alat ini salah satu solusi untuk memenuhi standarisasi yang diinginkan..

 

Karena metal detector ini dapat langsung meyisihkan kemasan yang tidak sesuai dengan standarisasi yang telah ditetapkan, dan atau mengandung partikel atau unsur metal pada kemasan dan objek yang sedang dilakukan pengecekan dengan menggunakan metal detector.