logo-direktorat-jenderal-bea-cukai.jpg

Keamanan Lengkap Agar Tidak Ada Penyelundupan Barang

Banyaknya Penyelundupan barang ilegal di Indonesia melalui jalur laut maupun udara, sering kali tertangkap oleh petugas dan beacukai. Para penyelundup berfikir seakan Indonesia memiliki keamanan yang lemah.

 

Indonesia yang sekarang bukanlah Indonesia yang dulu. Sebab, Indonesia kini punya banyak alat canggih di setiap sektor keluar masuknya orang dan barang dari luar pulau atau negara.

 

Keamanan yang lengkap itu berupa mesin xray security scanner dan metal detector. Kedua alat ini merupakan alat kemanan canggih yang banyak digunakan di daerah-daerah Indonesia, khususnya di bandara maupun pelabuhan.

 

Alat ini juga terbagi beberapa macam misal kan xray security scanner yang terbagi menjadi beberapa bagian dan beda pengaplikasiannya seperti yang akan kita bahas kali ini di artikel ini.

 

Xray Security Scanner

  • Baggage Inspection
Baggage Inspection merupakan alat yang biasa digunakan dibandara atau pelabuhan yang berfungsi melihat isi barang bawaan yang dibawa pennumpang
 
  • Cargo Inspection
Cargo Inspection adalah alat yang sama seperti Baggage Inspection tetapi pengaplikasiannya beda. Cargo Inspection digunakan untuk barang bawaan yang besar seperti koper dll.
  
  • Xray Container
Xray Container adalah alat yang sama pada mesin xray lainnnya tetapi xray container digunakan untuk kendaraan besar seperti kontainer yang keluar masuknya pelabuhan.  

Itu beberapa bagian dari Xray Security Scanner yang biasa digunakan dibandara maupun di pelabuhan.
 

Metal Detector

  • Walk Through Metal Detector
Walk Through Metal Detector adalah alat yang digunakan untuk mendeteksi logam di tubuh seseorang yang melewatinya, dan memiliki bentuk seperti pintu.
 
  • Hand Held Metal Detector
Hand Metal Detector merupakan alat yang sama seperti Walk Through Metal Detector namun memiliki bentuk seperti tongkat dan menggunakannya hanya mengarahkan ke orang yang ingin diperiksanya.
  
Xray Security scanner dan Metal Detector merupakan kedua alat keamanan yang canggih dan dapat mendeteksi apa yang orang bawa dan simpan didalam barang bawaannya.
 
Kedua ini adalah alat wajib yang harus digunakan di tempat umum khusus nya di pelabuhan maupun di bandara atau di Industrial.
 
Bandara dan Pelabuhan harus memiliki kedua alat ini agar tidak adanya penyelundupan dan ancaman yang merugikan bagi negara maupun orang yang berada di pelabuhan dan bandara