4a8f7cf43e58e08c6cee2b8b72fd9f67--garrett-metal-detectors.jpg

Metal Detector

Metal detector adalah alat pendeteksi logam. Metal detector berfungsi untuk menemukan logam tersembunyi, atau yang sulit dijangkau dengan mata kita sendiri. Metal detector secara efektif dapat mendeteksi logam yang terhalang dari tanah kayu dan bahan non logam. Cara kerja metal detector yaitu dengan mendekatan alatnya (metal detector) ke sesuatu yang ingin diperiksa keberadaan logam. Jika Metal detector menemukan logam makan alat tersebut akan berbunyi beep.

 

Metal detector atau detektor logam pertama kali dikembangkan pada tahun 1960 dan digunakan secara luas. Penggunaan untuk mendeteksi ranjau darat, mendeteksi senjata seperti pisau atau senjata api, prospeksi geofisika, arkeologi dan berburu harta karun. Berikut ini adalah macam-macam jenis metal detector dan prinsip kerjanya.

 

 

  •         Walk Through Metal Detector

 

Walk Through Metal Detector merupakan peralatan detector berupa pintu yang digunakan untuk mendeteksi semua barang bawaan yang berada dalam pakaian yang dapat membahayakan keselamatan seperti pisau, senjatan api dan senjata yang dapat melukai diri sendiri maupun orang lain.

 

Prinsip kerja walk through metal detector adalah gelombang electromagnet yang membentuk medan electromagnet pada satu atau beberapa koil. Ada beberapa buah koil yang memanfaatkan sebagai pemancar gelombang dan penerima gelombang, dimana pada kondisi standart, gelombang yang diterima mempunyai standart tertentu dan ini yang biasa disebut "balance" pada matel detector.

 

Jika benda logam melewati metal detector, maka gelombang yang ada menjadi terganggu dan standart wave analyzer akan memberitahukan bahwa ada ketidak seimbangan gelombang. Metal detector membertitahu kita bahwa ada benda bersifat logam yang lewat.

 

·         Hand Held Metal Detector

Hand Held Metal Detector merupakan peralatan metal detector yang digunakan dengan tangan untuk mendeteksi pisisi letak semua barang bawaan yang terdapat pada pakaian/badan yang terbuat darti mantel dan dapat membahayakan keselamatan orang lain, seperti senjata api, pisau , dan senjata lainnya. Alat utamanya adalah koil (kumparan) yang dialiri arus listrik sehingga menghasilkan medan magnet.

 

Prinsip kerjanya yaitu jika ada benda yang terbuat dari logam yang terdeteksi makan alat ini akan berbunyi karena perbedaan medan magnet antara logam yang satu dengan logam yang lainnya.

 

·         Undetgroung Metal Detector

Underground Metal Detector merupakan sabuah alat yang memiliki kemampuan untuk mendeteksi adanya metal/logam yang bersembunyi dibawah tanah. Hampir semua kandungan logam dapat dideteksi oleh alat ini seperti Tembaga, Perak, Emas, Allumunium dll. Alat ini memiliki kemampuan mendeteksi logam di dalam tanah dengan kedalaman 3,5.-5m tergantung kepadatan tanah. Prinsip kerjanya menggunakan teknologi tipe vlf