• Local Phone

    021 8690 6777

  • GSM Celuller

    0816 1740 8925

    0816 1740 8927

    0812 8006 9024

    0813 8742 8586

  • Email

    sales.xrayindonesia@gmail.com

    marketing.xray@taharica.com

baggage_inspection,xray_security_scanner,xray_industrial.jpg

Petugas Avsec Berhasil Menggagalkan Penyelundup Sabu!

Petugas avsec berhasil menggagalkan seorang yang penyelundupan narkotika jenis sabu-sabu dengan berat 393 gram di Bandara Juwata Tarakan, Kalimantan Utara.

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso mengatakan bahwa narkotika jenis sabu-sabu yang dikemas sebanyak delapan bungkus itu hendak dibawa masuk kedalam pesawat. Narkotika jenis sabu-sabu itu tersebut dibungkus dalam ban bekas sepeda motor dan diselipkan di dalam.

"Ini merupakan salah satu bukti kesigapan dan kewaspadaan dari tim avsec bandara. Walaupun tugas mereka sebenarnya adalah keamanan bandara, mereka juga dibekali dengan pengetahuan yang lebih mengenai hal-hal yang membahayakan masyarakat, termasuk barang haram yaitu narkoba," Ujar Agus dalam siaran pers, Minggu (25/2/2018).

Dia menjelaskan bahwa penangkapan tersangka penyelundup narkotika jenis sabu itu berinisial SI pada saat tersangka yang rencanannya akan berangkat menggunakan pesawat terbang Wings Air IW 1195, Pukul 13.50 WITA tujuan Tarakan - Palu memasuki area terminal bandara.

Pada saat melalui Security Check Point 1 Bandara Internasional Juwata Tarakan dan hendak akan melakukan check in, terangka melakukan gerak-gerik yang mencurigakan. Barang bawaan yang berbentuk ransel hitam milik tersangka pada saat melewati mesin xray security scanner  (baggage inspection ) dan terdapat benda terlarang terbagi dalam delapan bungkus yang dilapisi karet ban.

Mengetahui barang bawaannya diperiksa oleh petugas Avsec, Tersangka langsung mencoba berusaha melarikan diri. Melihat gerak-gerik tersangka yang ingin melarikan diri, petugas Avsec langsung mengejar dan dibantu oleh petugas kebersihan dan tersangka berhasil ditangkap di area parkir.

Setelah diperiksa lebih lanjut, barang bawaan IS adalah barang haram narkotika jenis sabu-sabu dengan berat 393 gram yang terbagi menjadi 8 bungkus plastik. Selanjutnya tersangka dibawa ke Polres Tarakan untuk dilakukannya penyelidikan lebih lanjut besamaan dengan barang bukti yang ditemukan petugas.

Dalam kesempatan ini, Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso juga menyatakan terimakasih kepada tim avsec Bandara Tarakan yang berhasil menggagalkan penyelundupan narkotika jenis sabu-sabu ini serta instansi terkait yang turut membantu dalam penangkapan tersangka ini.