xray_security_scanner,xray_pemeriksaan_barang,baggage_inspection,cargo_inspection.jpg

Dipenghujung Akhir Tahun, Kementrian Perhubungan Akan Lakukan Rampcheck Pesawat.

xray security scanner,baggage inspection,cargo inspection,inspeksi bagasi,fungsi inspeksi bagasi
 
Ramp Check 
Ramp check adalah pemeriksaan rutin setiap bulan untuk memastikan kelaikan dan keselamatan pesawat serta memastikan penerbangan memenuhi segala peraturan tentang kelaikan udara. 
 

Kementerian Perhubungan akan melakukan ramp check pesawat di bandara Soekarno Hatta Terminal 3, (19/12).
 

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso mengatakan, Hal ini dilakukan agar memastikan keselamatan, keamanan serta kenyamanan pada saat menggunakan transportasi udara.
 

Beliau menjelaskan ramp check dimulai dari xray security scanner  di terminal bandara hingga ke bagian pesawat Garuda Indonesia GA 816 dengan rute Jakarta - Kuala Lumpur. Beliau menjelaskan bahwa ramp check ini merupakan validasi pelaksanaan yang sudah dilakukan sebelumnya.
 

"Kita sudah ramp check 446 pesawat hingga dua bulan terakhir, hasilnya tidak ada temuan yang mayor, hanya minor saja dan sudah diminta untuk dilakukan langkah perbaikan,". tutur Agus (19/12).
 

Dirjen Perhubungan ini mengakui pada akhir tahun ini, ada beberapa kondisi alam yang kurang bersahabat dan akan mempengaruhi penerbangan. Seperti Gunung Agung yang meletus dan terjadinya puncak dari musim hujan.
 

Agus juga inign semua bisa melakukan ramp check dengan teliti. "ini bertujuan untuk memastikan keselamatan penumpang saat penerbangan," Ujar Agus.
 

Tidak hanya melakukan ramp check, Lanjut Agus, Kemenetrian Perhubungan juga akan melakukan pengawasan selama 22 hari yang akan dimulai dari 18 Desember 2017 hingga 8 Januari 2018.
 

Pengawasan ini nantinya akan dilakukan di 35 bandara yaitu Banda Aceh, Lampung, Medan, Gorontalo, Lombok, Jakarta, Jayapura, Ambon, Ternete, Bandung, Tanjung pinang, Palangkaraya, Semarang, Batam, Biak, Surabaya, Banjarmasin, Palembang, Pangkal Pinang, Solo, Balikpapan, Jogjakarta, Bengkulu, Tarakan, Makassar, Denpasar, Palu, Kupang, Manado, Padang, Tanggerang, Pontianak, Jambi dan Kediri.
 
 
Kementrian Perhubungan memperkirakan puncak arus mudik libur panjang akhir tahun ini pada tanggal 22-23 Desember 2017 dan arus balik mudik ini pada tanggal 1 hingga 7 Desember 2018.